Jabodetabekjur

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama daerah-daerah penyangga Ibukota menyepakati perkuatan kerja sama di sektor ketahanan pangan, transportasi, dan penyediaan air bersih.

Sebagai langkah awal untuk memperkuat jalinan sinergisitas tersebut dilakukan penandatangangan Perjanjian Kerja Sama di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Perjanjian Kerja Sama dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, Wali Kota Bogor Bima Arya, Bupati Bogor Ade Yasin, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur Herman Suherman, Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris.

Juga hadir Sekda Provinsi Banten Ranta Soeharta, Sekda Kota Tangerang Selatan Muhamad, dan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Menurut Anies, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tersebut dapat menjadi babak baru jalinan kerja sama daerah-daerah di Jabodetabekjur yang lebih intens dan memberikan manfaat satu dengan yang lainnya.

“Ini harus menjadi milestone baru dalam membangun kerja sama antar wilayah,” ujarnya di Balai Kota (20/12).

Anies berharap, Perjanjian Kerja Sama tersebut dapat ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan lanjutan untuk melakukan pembahasan secara lebih intensif. Sehingga, program-program kerja sama dapat direalisasikan secara cepat dan terukur.

“Ruang kerja ini tidak sebatas yang hanya terkait dengan APBD. Tapi kita juga akan bersama-sama mendorong dilibatkannya private sector,” tandasnya. (hop)