Pemilu

Kastara.ID, Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon sebut sedang melakukan kajian terkait kemungkinan untuk menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS tingkat SMA.

Diketahui, ide itu muncul tatkala menggelar gathering dengan media. Saat itu muncul pertanyaan terkait kegiatan KPU pascapemilihan umum selesai digelar.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sopidi mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah gagasan tersebut bisa benar-benar dilaksanakan 2020 mendatang. KPU Kabupaten Cirebon masih melakukan pembahasan internal terkait penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS yang dibantu oleh KPU.

Lagi pula, terkait penyelenggaraan kegiatan itu pun perlu ada kerja sama dengan berbagai lembaga terkait. Tentunya, kata dia, banyak tahapan dan perjanjian serta pembahasan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum kegiatan ini benar-benar bisa dilaksanakan.

Sementara Komisioner KPU Pusat Ilham Saputra menyebutkan bahwa pihaknya memang telah mengetahui soal rencana pemilihan Ketua OSIS yang bekerja sama dengan KPU Kabupaten Cirebon. Menurut dia, KPU setempat pihaknya hanya memfasilitasi, bukan menjadi pihak penyelenggara. (yan)