Beranda Headline Berita Datsun CROSS Gunakan Teknologi X-Tronic CVT

Datsun CROSS Gunakan Teknologi X-Tronic CVT

Kastara.id, Jakarta – Selain tampilan eksterior dan interiornya, Datsun CROSS juga mengusung teknologi transmisi terkini. Khusus dapur pacunya, menggunakan mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, 68/78 hp dengan torsi 104 Nm, yang memberikan kinerja tingkat tinggi dan efisiensi dalam bodi yang ringan dan ringkas. Keluarga mesin ini telah diakui tak hanya kinerjanya, tapi juga keandalannya. Ini adalah buah kepercayaan yang telah dibangun selama bertahun-tahun, dan pada saat itulah telah dibuat lebih dari ratusan ribu mesin, yang digunakan untuk menggerakkan berbagai model mobil Nissan dan Datsun.

Untuk Datsun CROSS beberapa perubahan penting telah dilakukan untuk meningkatkan efisiensi thermal dan mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan lebih jauh.

Teknik yang digunakan mencakup circular bore honing untuk menjaga toleransi pada tingkat yang sangat minimum, sementara pompa oli dan air dengan gesekan rendah mengurangi kehilangan tenaga akibat gesekan. Rasio kompresi yang lebih tinggi, piston cekung dan penginjeksi bahan bakar yang terpecah menjadi atom yang lebih kecil, semua itu membantu meningkatkan efisiensi pembakaran.

CVT

Mesinnya menggerakkan roda depan melalui transmisi manual dengan lima kecepatan yang berpindah dengan mulus, namun ada juga opsi dua pedal yang signifikan. Nissan, perusahaan induk Datsun, telah menggunakan teknologi continuously variable transmission (CVT) sejak 1992 dan telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Datsun menawarkan X-Tronic CVT yang tak hanya halus dalam berkendara, namun juga hemat bahan bakar dengan kinerja yang lebih baik dan lebih ringan dari transmisi otomatis konvensional. Penggunaan pulley yang lebih kecil dan sub planetary gear secara bersamaan menghasilkan efek ganda dalam performa yang responsif dari titik awal dan pada kecepatan rendah, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi pada kecepatan tinggi berkat low engine revs yang dibutuhkan untuk rasio gear yang lebih panjang. Kombinasi perubahan gigi yang ringan dan mulus membantu dalam memberikan performa yang bertenaga, serta penghematan bahan bakar menjadikan CVT sebagai mitra ideal bagi Datsun CROSS.

dual airbag

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatannya? Sebagaimana Vehicle Dynamic Control (VDC) pada semua tipe, Datsun CROSS memiliki beragam perangkat keselamatan lainnya, termasuk airbag ganda di depan, lampu peringatan sabuk keselamatan dan lampu depan otomatis.

Pintu belakang memiliki wiper dengan penyemprot air bertekanan tinggi untuk meningkatkan kemampuan pandangan arah belakang, sementara kaca spion bisa disesuaikan dengan perangkat listrik dan memiliki lamp repeater untuk memberi pengguna jalan lainnya penunjuk yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh pengemudi.

VDC

Datsun CROSS akan membuka segmen pasar baru ketika penjualan dimulai pada Maret 2018 mendatang. (dwi)

- Advertisement -

TERBARU

Memfasilitasi Upaya Penyelesaian Permasalahan PPDB DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi dan memfasilitasi upaya penyelesaian permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. Rakor dipimpin...