PSBB

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta mencatat, 7.770 informasi lowongan kerja (loker) sudah terdaftar di portal karir Jaknaker.id selama periode 17 November hingga 31 Desember 2021.

Ribuan informasi loker ini berasal dari 340 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor, seperti teknologi informasi, komunikasi, jasa ritel, otomotif, perdagangan besar, asuransi, jasa kemasyarakatan, pertambangan, F&B, perbankan, farmasi, pariwisata, manufaktur, dan lain-lain.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, sampai kini 3.960 pencari kerja sudah melakukan registrasi di Jaknaker.id dengan total 219.630 lamaran.

“Berdasarkan data dari dashboard Jaknaker.id, 2.155 user adalah laki-laki dan 1.805 user perempuan. Usia yang paling banyak melakukan registrasi masih pada rentang 19-23 tahun,” ungkap Andri (21/1).

Andri menjelaskan, pandemi COVID-19 mengakibatkan banyak pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau dirumahkan.

Maka dari itu, pihaknya melakukan berbagai terobosan dalam hal layanan tenaga kerja. Salah satunya kolaborasi layanan informasi pasar kerja dengan pihak swasta dari PT Top Karir.

“Jaknaker.id hadir memberikan informasi lowongan kerja sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Jakarta, khususnya para pencari kerja,” kata Andri.

Menurut Andri, Jaknaker.id merupakan layanan online yang bukan hanya bertujuan memberikan informasi terkait lowongan kerja, tapi juga menyediakan informasi pelatihan kerja (online maupun offline), tes minat bakat bagi pencari kerja, layanan pelatihan online bagi UMKM dan layanan ketenagakerjaan lainnya.

Ia menambahkan, layanan Jaknaker.id juga sudah terintegrasi langsung dalam aplikasi JAKI milik Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, pihaknya bersama PT Top Karir Indonesia akan melaksanakan kegiatan ‘Job Canvassing’ ke sejumlah perusahaan (industri) serta ‘Job Matching’ ke para pencari kerja di wilayah Jakarta.

“Semoga portal kolaborasi ini dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat,” tandas Andri. (hop)