Kelurahan Krukut

Kastara.ID, Depok – Lurah Krukut, Tajuddin mengajak warganya mengoptimalkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami pohon penghijauan produktif. Tak hanya menjadikan suasana sejuk di rumah, ujar dia, tanaman produktif seperti sayur, buah dan rempah juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga.

“Sebelum mengajak warga, pihak kelurahan sudah lebih dulu melaksanakan penghijauan. Alhamdulillah, kawasan kantor Kelurahan Krukut saat ini terlihat lebih asri dan sejuk dipandang mata,” katanya yang diumuat situs resmi Pemkot Depok (21/1).

Tajuddin menjelaskan, menanam tanaman produktif di sekitar rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara sehingga meski memiliki lahan sempit, warga bisa tetap menanam berbagai jenis tanaman produktif. Misalnya, menggunakan wadah pipa paralon yang disusun ke atas atau menggunakan kaleng bekas atau ember yang digantung pada hamparan tembok di samping rumah.

“Banyak cara untuk melakukan penghijauan di seputar rumah yang tidak membutuhkan lahan yang luas namun bisa menuai manfaat,” jelasnya.

Dikatakannya, upaya menghijaukan wilayah Kelurahan Krukut dengan tanaman produktif disambut baik oleh berbagai kalangan. Termasuk jajaran TP-PKK setempat yang kini semakin giat mensosialisasikan program penghijauan di tiap sudut wilayah Krukut.

Sementara Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Krukut, Husin Tohir menuturkan, pihaknya mendukung upaya penghijauan yang digencarkan pihak kelurahan. Dirinya berharap, program ini juga dapat dilakukan di kawasan Sungai Krukut Cabang Barat (KCB) sebagai salah satu cara mencegah longsor tebing di sana.

“Kami mengusulkan agar penghijauan seperti itu juga dilakukan di sejajar Kali Krukut Cabang Barat, sehingga tebing kali tidak rentan longsor. Sebab salah satu penyebab longsor di tebing kali yakni minimnya pohon penghijauan di sana,” tutupnya. (dha)