The World Scholar's Cup (WSC)

Kastara.ID, Jakarta – Pandemi COVID-19 bukan menjadi halangan bagi para pelajar asal DKI Jakarta untuk berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Terbaru, enam pelajar asal DKI Jakarta berhasil meraih berbagai medali di ajang the World Scholar’s Cup (WSC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), 13-17 Desember 2021 lalu.

Ketua Umum Komisi Nasional Pendidikan DKI Jakarta, Diah Nawang Ratnasari mengatakan, keenam pelajar yang berhasil meraih prestasi di ajang tersebut yakni Andy Muhammad Auffa Lologau kelas X SMAN 28 Jakarta; Aradhana Pranaja Dhirgantara kelas X SMA Labschool Kebayoran; Danysha Adina kelas X High School Mentari Interculture School Bintaro; Farrel Putra Mahmudi kelas X SMAN 70 Jakarta; Nabila Jandini Hidajat kelas VII Sekolah Highscope Indonesia Kelapa Gading, dan Titan Oceanus Darmadi kelas X SMAN 70 Jakarta.

“Prestasi mereka ini patut diapresiasi agar menjadi motivasi dan inspirasi bagi pelajar lainnya di DKI Jakarta. Komnas Pendidikan DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan sekolah yang telah memberikan dukungan penuh kepada anak-anak ini,” ujarnya di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jalan Gatot Subroto, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Sabtu (22/1).

Sementara Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Astin Juleha menambahkan, pihaknya mengapresiasi kolaborasi antara Dinas Pendidikan, pihak sekolah dan orang tua yang berjalan baik karena meski di masa pandemi namun tetap bisa meraih prestasi.

“Kita tetap memacu dan memberi motivasi kepada anak-anak agar prestasi seperti ini bisa menjadi penyemangat, tidak cepat puas, dan tetap bisa berprestasi di manapun berada di tingkatan selanjutnya dengan tetap membawa nama baik Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Salah satu satu siswa berprestasi, Farrel Putra Mahmudi, mengaku bangga bisa menang di ajang kompetisi tingkat internasional dengan menyabet satu piala lomba debat panelis dan sembilan medali masing-masing empat medali emas dan empat medali perak di ajang bergengsi tersebut.

“Mudah-mudahan di ajang final lanjutan kami berenam akan maju di Tournament of Champions di Yale University, New Haven, Amerika Serikat, pada bulan November 2022. Kami berharap bisa merebut lebih banyak lagi piala dan penghargaan,” ungkapnya.

Sekadar informasi, turnamen World Scholar’s Cup (WSC) ini merupakan kompetisi berskala internasional yang terdiri dari empat kategori yaitu debat, menulis, pengetahuan umum, dan cerdas cermat dengan materi perlombaan meliputi pengetahuan segala bidang hingga bidang seni dan musik. (hop)