Media Center

Kastara.id, Depok – Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Konten Bagi Petugas Pengelola Media Center Daerah yang digelar di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/2) ini memasuki hari kedua. Bimtek berlangsung 21-23 Februari 2018.

Pada sesi pertama di hari kedua, Kepala Dinas Kominfo Pemkot Depok Sidik Mulyono bertindak sebagai moderator dengan narasumber J Heru Margianto dan Iskandar Zulkarnaen.

Dalam kesempatan tersebut, Heru Margianto memberikan materi tentang menulis untuk kepentingan publik. Menurutnya, menulis untuk kepentingan publik dapat menggunakan pakem ragam tulisan dan nilai berita. “Kalau menulis tentang kepentingan publik maka angle-nya adalah publiknya, bukan pejabatnya,” ujarnya.

Selanjutnya Iskandar Zulkarnaen dari Kompasiana berbagi tentang Teknik Bercerita Lewat Tulisan kepada para peserta bimtek. “Story telling membuat cerita dengan kemasan yang semenarik mungkin dan membawa manfaat bagi pembaca,” jelasnya.

Sesi selanjutnya menghadirkan narasumber Rulli Nasrullah yang akrab disapa Kang Arul dan dikenal sebagai “dosen galau”. Kang Arul mencoba berbagi tentang Kreasi Konten Digital.

Menurut Kang Arul, media baru akan memberikan lingkungan yang baru dan juga khalayak baru dengan karakteristik yang juga baru. “Informasi kemudian tidak sekadar teks (konten) semata, melainkan juga memakai logika internet/media siber,” katanya

Pada sesi ini, peserta yang antusias mengikuti sesi diskusi dengan narasumber, juga berlatih membuat konten digital menggunakan aplikasi berbasis android untuk membantu manajemen konten dan pengelolaan media sosial melalui telepon seluler.

Kegiatan bimtek hari ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis rompi kepada perwakilan media center daerah sebagai identitas saat peliputan di daerahnya. Diharapkan dengan materi yang telah diterima dapat bermanfaat dan diaplikasikan untuk pengembangan pengelolaan media center daerah. (rud)