Headline

Jakarta Targetkan Kunjungan 41,4 Juta Wisatawan Tahun Ini

Kastara.ID. Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) DKI Jakarta menargetkan kunjungan sebanyak 41,4 juta wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan, target kunjungan wisman tahun ini ditetapkan sebanyak 2,9 juta.

“Target itu meningkat dari realisasi jumlah wisman ke Jakarta di tahun 2018 yang mencapai 2.813.411,” ujarnya, Jumat (22/3).

Untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus), sambungnya, pada tahun lalu mencapai 34.192.577. Sementara, untuk tahun ini ditargetkan mencapai 38,5 juta.

“Kita optimistis mencapai target kunjungan itu melalui kerja besar dan kolosal,” terangnya.

Edy menjelaskan, berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan kunjungan baik wisman maupun wisnus, terutama melalui pendekatan partisipatif kolaboratif dengan seluruh pemangku kepentingan maupun warga Jakarta itu sendiri.

“Pemprov DKI Jakarta melalui Disparbud harus mengambil peran besar, tidak hanya sebagai regulator atau fasilitator. Tapi, juga harus menjadi operator, saya analogikan sebagai super travel agent, baru disitu kita ajak seluruh asosiasi dan pelaku di bidang pariwisata berkolaborasi,” tuturnya.

Menurutnya, sektor pariwisata di Jakarta sangat menjanjikan. Selain memberikan dampak peningkatan perekonomian, juga bisa menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan jumlah yang tidak sedikit, baik dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, maupun retribusi.

“Tahun lalu mencapai sekitar Rp 5,76 triliun. Potensi pariwisata di Jakarta sangat besar. Itu akan kita garap secara optimal,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Disparbud DKI Jakarta, Alberto Ali menambahan, promosi secara langsung maupun sosial media akan lebih digencarkan.

“Kita akan lebih informatif agar destinasi wisata  dan seni budaya di Jakarta lebih menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Langkah Pemkot Depok Atasi Banjir di Jalan Bulak Barat Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat melakukan langkah-langkah mengatasi banjir di Jalan Bulak…

MUI Launching Buku Berjudul Wasathiyyah

Kastara.Id,Depok - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Jawa Barat melaunching buku  Wasathiyyah yang artinya…

Idris – Imam Sabet Penghargaan DPD PKS Terbanyak Raih Kursi DPRD Se Jabar

Kastara.Id,Bandung  - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan ke DPD PKS…

Bisa Menambah Koleksi Buku Untuk Pengunjung Perpustakaan Umum

kastara.Id,Depok -  Dinas Pendidikan (Disdik) menyerahkan ratusan buku, karya satuan pendidikan dari mulai Taman Kanak-Kanak…

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…