Kepala DPAPMK Kota Depok Nessi Anisa Handari mengatakan, pelayanan kontrasepsi mulai 21-29 April 2021. Lokasinya terpusat di fasilitas kesehatan pemberi layanan Keluarga Berencana (KB) setempat.”Khusus untuk Provinsi Jawa Barat, dalam rangka Hari Kartini dilaksanakan pula pelayanan kontrasepsi serentak di pasar tradisional. Kota Depok terpusat di Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos,” ujarnya di sela acara tersebut di Pasar Sukatani, seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok (21/4).

Nessi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan capaian kesertaan ber-KB pada pasangan usia subur. Adapun target aseptor adalah pasangan usia subur yang belum dan sudah ber-KB.

“Untuk jenis alat kontrasepsi yang diberikan saat ini adalah pil KB. Lalu, pada hari ini juga dari Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pelayanan kesehatan pengecekan gula darah dan kolesterol,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, para aseptor adalah kartini-kartini modern yang telah ikut memperjuangan pembangunan, lewat pelayanan pada pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Mudah-mudahan di Hari Kartini ini, kita semakin bisa memberdayakan masyarakat dan tidak melupakan tugas inti keluarga untuk ketahanan keluarga di Kota Depok,” ucapnya. (dha)