GIIAS 2018

Kastara.id, Jakarta – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan kembali hadir 2-12 Agustus 2018, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, akan menjadi ajang yang penuh ide dan inspirasi lewat berbagai programnya. Hal itu diungkapkan Ketua Gaikindo Yohannes Nagoi kepada media dalam pra acara GIIAS 2018 di Jakarta, Selasa (22/5).

GIIAS tahun ini dengan tema “Beyond Mobility” akan menjadi sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia. Juga akan menjadi payung bagi seluruh program GIIAS untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Masih sejalan dengan tema GIIAS 2018, Towards Beyond Mobility akan menjadi topik pembahasan pada program the 13th Gaikindo International Automotive Conference (GIAC) yang merupakan ruh dari pagelaran GIIAS yang digelar bersamaan dengan GIIAS 2018. The 13thGIAC yang akan berlangsung pada 7 Agustus 2018 dengan mengeksplorasi isu industri otomotif Indonesia terkini, termasuk pembahasan tentang emisi dan Euro4 yang dalam waktu dekat akan diimplementasikan di Indonesia.

Nangoi belum mengungkapkan lebih lanjut mengenai waktu tepatnya deklarasi penggunaan Euro4 oleh Gaikindo tersebut serta kehadiran perwakilan pemerintah dalam momen tersebut. “Kami berencana mendeklarasikan Indonesia masuk ke Euro4 di dalam GIIAS kali ini,” kata Nangoi.

Deklarasi kesiapan Indonesia memasuki Euro4 tersebut, lanjut Nangoi, menjadi sesuatu yang cukup mendesak dilakukan mengingat Indonesia saat ini termasuk satu dari tiga negara terakhir yang masih menggunakan BBM berstandar Euro2. “Kita tentu tidak mengharapkan mobil sebagai sumber bencana, dalam hal ini emisinya,” tandas Nangoi.

Gaikindo juga akan mendorong GIAC sebagai wadah yang dapat memberikan inspirasi dan membuka wawasan publik melalui pembicara profesional mengenai perkembangan industri otomotif menuju Beyond Mobility.

Yohanes Nangoi menaruh harapan besar terhadap penyelenggaraan the 13th GAIKINDO Intenational Auto Conference. “Gaikindo ingin agar konferensi ini dapat memberi wawasan tentang isu industri otomotif Indonesia terkini, salah satunya adalah implementasi peratuan pemerintah tentang Euro4, sangat penting untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia menuju industri global, menuju Beyond Mobility,” jelasnya.

Industri otomotif Indonesia, lanjut Nangoi, harus terus menjadi sumber agen perubahan dibidang transportasi darat dan mempersiapkan publik terhadap perkembangan industri otomotif global yang sangat pesat. Indonesia tentunya perlu mencermati perkembangan tersebut, dan kehadiran GIIAS menjadi wadah yang dapat menginspirasi publik lewat penampilan perkembangan terkini dari industri otomotif. (dwi)