Headline

Gubernur BI Sindir Bunga Bank Domestik Termasuk Tertinggi di Dunia

Kastara.id, Jakarta – Marjin bunga bersih (Net Interest Margin/NIM) industri perbankan domestik yang terlalu tinggi –kisaran lima persen– menyebabkan kegiatan ekonomi yang kurang efisien, menjadi sindiran yang disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo di depan Komisi XI DPR, di Jakarta, Selasa (22/5).

Agus menyebutkan, NIM yang terlalu tinggi itu membuat perbankan domestik “malas-malasan” untuk ekspansi ke luar negeri karena keuntungan bunga yang diraih di dalam negeri jauh lebih besar. NIM perbankan itu yang saat ini di lima persen, seharusnya di 2,5 persen.

“NIM di Indonesia terlalu tinggi di dunia. NIM yang tinggi itu pula yang membuat bank kita tidak tertarik ke luar negeri, karena bisnis di Indonesia terlalu indah,” sindirnya.

Menurut Agus, karena wewenang pengawasan dan pengaturan perbankan di tubuh Bank Indonesia sudah disapih ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), saat ini, Bank Sentral mengatur atau mengakomodir fungsi perbankan melalui kebijakan makroprudensial. “BI bisa melalui ranah makroprudensial,” tambah Gubernur BI yang akan purna tugas Rabu (23/5) esok.

Sebelumnya Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, Jumat (18/5), memproyeksikan hingga akhir tahun, NIM industri perbankan Indonesia masih di kisaran lima persen.

NIM merupakan selisih antara bunga pendapatan yang dihasilkan bank atau lembaga keuangan dengan nilai bunga yang dibayarkan bank kepada pemberi simpanan, seperti deposito dan instrumen pendanaan lain. NIM juga menjadi cerminan tingkat profitabilitas bank. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…

Imam – Ririn Pilkada Depok 2024 Sudah Mantap 99 Persen

Kastara.Id,Depok - Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar Depok resmi mengusung Imam Budi…