Kastara.Id,Depok – Sebanyak puluhan warga RW 15 Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) berpatisipasi melakukan kerja bakti bersama membersihkan saluran air (drainase) di sepanjang Jalan Raya Pitara . Kurang lebih panjang 150 meter, warga gotong royong mengeluarkan sampah-sampah dan tanah dari dalam drainase tersebut.Ahad,(21/5)

Ketua RW 15 Kelurahan Panmas, Samsudin menjelaskan, sedimen (endapan tanah) dan sampah menutup aliran air di dalam drainase, sehingga ketika hujan menyebabkan luapan air ke bahu jalan.

“Alhamdulillah secara bertahap kami bersama warga membersihkan drainase, sampah-sampah dan lumpur yang mengendap mulai kami angkut,” jelasnya.

Masih kata Samsudin, proses pengangkatan sampah sedikit terhambat karena banyaknya saluran air yang atasnya di cor semen. Rencananya, pekan depan akan dilanjutkan pembersihan drainase sampai ke ujung perbatasan wilayah RW 15.

“InsyaAllah kami akan lanjutkan pekan depan, terima kasih kepada warga yang sudah membantu tenaganya dalam kegiatan kerja bakti ini,” ucap Samsudin.

Ditempat yang sama terlihat, Lurah Panmas  Mohammad Soleh turun langsung meninjau dan membersihkan drainase tersebut bersama warga. Dirinya mengapresiasi keguyuban yang terjalin antara pengurus RT-RW, karang taruna, warga, dan Babinsa.

“Saya sangat bangga atas upaya yang dilakukan warga RW 15, karena perhatiannya yang begitu besar terhadap lingkungan,” ucapnya.

Soleh berharap, setelah ini tidak ada lagi penyumbatan air di dalam drainase, sehingga lalu lintas lancar dan masyarakat semakin nyaman.

“Lurah Pancoran Mas,berpesan kegiatan gotong royong terus tetap berlanjut. Sebab kebersihan lingkungan itu adalah kewajiban bersama, bukan hanya pemerintah, bisa dikerjakan secara swadaya masyarakat untuk meningkatkan silaturahmi antar warga,” tutupnya.