HUT Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-492, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu pagi (22/6).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai inspektur upacara yang dihadiri segenap jajaran Pemprov DKI, Forkompimda, tokoh Betawi dan stakeholder lainnya.

Anies menjelaskan bahwa di usia yang ke-492, Kota Jakarta ingin berbagi cerita tentang perubahan baik yang telah dicapainya. Perubahan yang menghasilkan Wajah Baru Jakarta sebagai kota kebanggaan Indonesia.

“Wajah baru Jakarta yang baru nan modern, tetapi tidak melupakan akar budaya leluhur. Perubahan yang selalu diupayakan untuk mencapai tujuan pembangunan Kota Jakarta, yaitu mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya,” ujar Anies mengawali sambutannya.

Secara lebih spesifik, Anies memaparkan bahwa Perubahan Wajah Baru Jakarta sesungguhnya bukan hanya perubahan yang bersifat permukaan. Wajah Baru Jakarta bukan hanya tentang pembangunan fisik yang terlihat oleh mata, tapi juga tentang program, regulasi, dan kebijakan yang membawa keadilan bagi semua.

“Wajah Baru Jakarta adalah juga tentang fasilitas publik yang bebas dipakai untuk kegiatan kebudayaan dan keagamaan, sistem transportasi yang terintegrasi, dan tidak tersegregasi, PBB yang berkeadilan bagi mereka yang berjasa untuk bangsa, serta kebijakan yang menjaga kedaulatan setiap jengkal tanah dan air kita,” terangnya.

Selain itu Gubernur juga ingin melakukan perubahan paradigma mendasar tentang pembangunan kota. Anies dan jajaran Pemprov DKI ingin membangun sebuah kota yang setara, sejahtera, maju, hidup, lestari, dan bersatu.

“Setara, artinya tersedianya kesempatan, fasilitas, dan manfaat yang adil bagi seluruh warga. Sejahtera, di mana kondisi ekonomi terjaga baik, kebutuhan dasar warga tercukupi, dan tersedia dukungan bagi mereka yang lemah. Maju, yaitu Jakarta sebagai megapolitan kelas dunia yang tertib, beradab, penuh inovasi, dan menjadi tolok ukur bagi kota-kota lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut Gubernur berpesan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI agar membawa semangat wajah baru Jakarta ini ke setiap aspek profesionalitas mereka, sehingga tumbuh kebaruan dan pengembangan kreativitas.

“Mari terus bekerja dengan semangat kebaruan, membawa wawasan baru, dengan perspektif baru. Ciptakan atau tangkap selalu terobosan, inovasi, kreativitas, kebaruan, dengan hasil-hasil nyata yang bisa dirasakan langsung oleh seluruh komponen masyarakat,” pesannya

Anies menutup sambutannya dengan memberikan apresiasi ke banyak pihak di antaranya kepada Ibu-ibu penggerak PKK, Dharma Wanita, dan Dekranasda atas jasa mereka memberdayakan masyarakat. Secara spesifik, Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada warga Betawi.

“Kita dapat hadir di sini berkat masyarakat Betawi yang memfasilitasi semua itu. Berkat keramahtamahan masyarakat Betawi, serta sikap mereka yang menganggap setiap pendatang sebagai saudara adalah hal yang membuat kita bisa ada di sini. Karena itu kita berikan apresiasi khusus bagi masyarakat Betawi yang menjadi platform persatuan di DKI ini.” tandasnya. (hop)