Transjakarta

Kastara.ID, Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bekerjasama Unit Pengelola (UP) Jaminan Kesehatan Jakarta (Jamkesjak) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, menggelar pemeriksaan kesehatan kepada 1.052 orang pramudi.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari salah satu dari 15 (lima belas) rekomendasi safety action yang diberikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta, Anang Rizkani Noor mengatakan, seremonial pelaksanaan kegiatan medical check up (MCU) ini diselenggarakan di RSUD Pasar Rebo pada 14 Juni 2022 lalu. Pemeriksaan kesehatan yang diperuntukan bagi pramudi operator yang bermitra dengan Transjakarta ini akan berlangsung hingga 5 Juli 2022 mendatang.

“Kegiatan MCU pramudi berjalan dengan baik dan penuh antusias oleh teman-teman pramudi yang memiliki KTP DKI Jakarta dan terdaftar dalam kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ujarnya (21/6).

Pemeriksaan MCU yang dilaksanakan pramudi, jelas Anang, meliputi pemeriksaan fisik, rekam jantung, rontgen dada, pengecekan urine dan darah rutin, gula darah, profil lemak dalam darah dan hepatitis bagi peserta yang sedang hamil. Jika ditemui pramudi dengan penyakit serius, maka dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter umum di faskes 1 (satu) sesuai yang terdaftar pada BPJS mereka.

“Transjakarta akan mengawal semua proses, jika diperlukan penanganan lebih lanjut maka akan kami rujuk ke dokter spesialis,” terangnya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan saat ini juga tengah dilaksanakan bagi seluruh karyawan baik yang bekerja di lapangan maupun di kantor pusat. Harapannya, pemeriksaan yang memastikan kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama beroperasi.

“Dengan pemeriksaan ini kami yakin bisa meningkatkan kualitas pelayanan sehingga maksimal melayani pelanggan,” tandasnya. (hop)