London

Kastara.ID, Jakarta – Pertemuan petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mengindikasikan adanya upaya untuk berkoalisi kedua partai tersebut.

Hal itu diutarakan M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Polik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, kepada Kastara.ID, Rabu (22/6) petang.

Menurut Jamil, indikasi ke arah itu sangat besar mengingat akar rumput kedua partai tersebut mayoritas menginginkan Anies Baswedan menjadi capres. Faktor Anies akan menjadi pendorong kedua partai tersebut berkoalisi.

“Tampaknya faktor Anies juga yang membuat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi Surya Paloh beberapa waktu lalu. Partai Demokrat terkesan ingin bersama Partai Nasdem mengusung Anies pada Pilpres 2024,” papar mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini.

Jadi, lanjut Jamil, ada indikasi Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat akan berkoalisi untuk mengusung Anies. Tiga partai ini setidaknya sudah memiliki kesamaan tentang capres yang akan diusung.

“Kesamaan pandangan tiga partai itu tampaknya mendapat sokongan dari Jusuf Kalla (JK). Faktor JK tampaknya akan mempercepat koalisi tiga partai tersebut,” tandasnya. (dwi)