MotoGP Italia 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Sachsenring – Pembalap Spanyol Marc Marquez telah menjalani operasi lengan untuk keempat kalinya pada 2 Juni lalu. Bos tim Repsol Honda Alberto Puig mengharapkan proses pemulihan sekitar tiga sampai empat bulan.

Dengan demikian, ada harapan Marquez comeback di beberapa balapan akhir tahun ini.

Beberapa hari yang lalu, pembalap Repsol Honda itu telah menjalani pemeriksaan medis pasca operasi di Ruber Internacional Hospital Madrid bersama dr. Joaquin Sanchez Sotelo, dr. Samuel Antuna dan dr. Angel Cotorro.

Tim medis mengevaluasi kemajuan awal setelah prosedur sebagai positif. Pemeriksaan berikutnya akan berlangsung dalam empat pekan.

Untuk waktu pemulihan memang masih belum jelas, karena itu saat ini tidak ada jawaban pasti kapan Marquez bisa comeback.

Pemulihan akan memakan banyak waktu, Honda dan Marquez sangat serius meluangkan waktu mereka kali ini demi kesembuhan yang lebih baik.

Puig sendiri tidak tahu pasti kapan Marquez bisa kembali balapan.

“Kami harus menunggu dan melihat apa yang dokter katakan,” ungkap Puig tentang Marquez kepada Speedweek.

“Anda harus memantau dan menilai kemajuan penyembuhan tulang. Dokter mengatakan setelah patah tulang sembuh, tidak apa-apa. Jika tidak ada komplikasi, tulang seperti ini membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan untuk menyatu,” paparnya.

Berdasarkan perkiraan tersebut, berarti Marquez kemungkinan bisa comeback lagi setidaknya pada bulan Oktober mendatang – atau bahkan mungkin pada bulan September?

Lantas jika semua berjalan lancar, apakah sang superstar masih bisa terlibat dalam pengembangan Honda 2023 dan juga ikut tes November?

“Itu akan bagus. Tapi kesehatan Marquez adalah yang utama, itulah prioritasnya. Kita harus menunggu. Kami tahu dia akan fit untuk 2023,” tandas Puig. (tra)