Gerakan Tiga Sukses

Kastara.ID, Madinah – Ratusan jemaah haji Indonesia asal embarkasi Jakarta-Pondok Gede kloter 20 (JKG 20) mengikuti Pencanangan Gerakan Tiga Sukses dan Sehat Haji, Senin (22/7) pagi waktu Arab Saudi.

Gerakan ini diprakarsai oleh ketua sektor 5 Madinah Khalillurahman dan digelar di depan hotel Syarif Al Masi tempat jemaah haji tersebut menginap.

Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari yang tampak menghadiri kegiatan ini mengapresiasi dicanangkannya Gerakan Tiga Sukses dan Sehat Haji di Madinah.

Menurutnya, gerakan yang meliputi Gerakan Kebugaran Jasmani Jemaah haji, Gerakan Minum Air mineral Bersama dan Gerakan Berkacamata hitam bersama ini patut ditiru oleh sektor-sektor lain di Madinah.

“Sebenarnya kita sudah sampaikan berkali-kali kepada seluruh petugas PPIH Arab Saudi agar memberikan informasi dan edukasi kepada jemaah haji untuk tetap menjaga kebugaran, kesehatan, dan senantiasa bisa melindungi diri dalam setiap aktivitas di dalam dan di luar hotel,” ujarnya.

Jauhari berharap, dengan gerakan ini, jemaah haji dapat menjaga kebugaran, kesehatan, sehingga bisa menjadi haji yang mabrur.

Ia juga mengingatkan jemaah agar selalu melakukan kegiatan sesuai dengan proporsi tubuh masing-masing.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi dr Indro Murwoko mengatakan bahwa gerakan sehat adalah upaya preventif untuk menggerakkan jemaah haji agar sadar akan upaya menjaga kesehatan.

Indro menjelaskan, gerakan senam bersama dilakukan untuk memperbaiki sirkulasi badan para jemaah haji yang selama ini terbatas pada aktivitas dengab posisi diam yang cukup lama, seperti perjalanan di bus dan di pesawat selama berjam-jam.

“Budaya kita untuk minum banyak tidak dilakukan di Indonesia,” imbuhnya. Sedangkan suhu di Suadi yang panas dan kering, mengharuskan untuk lebih banyak minum.

Sedangkan gerakan memakai kacamata hitam dilakukan untuk menyiasati kondisi outdoor dengan paparan ultraviolet sangat tinggi. Ia menambahkan bahwa kacamata hitam juga berfungsi untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata. (put)