Priyatno Bambang Hernowo

Kastara.ID, Jakarta – PDAM Jaya, salah satu BUMD Pemprov DKI, saat ini sedang mengembangkan jaringan pipa ke wilayah yang belum terlayani air bersih di daerah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Direktur Utama PDAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, untuk wilayah Jakarta Barat, daerah yang sedang dibangun jaringan perpipaan di antaranya di Pegadungan, Kamal dan Tegal Alur. Sedangkan Jakarta Utara di Kamal Muara.

Dia mengungkapkan, jalur pipa tersebut diproyeksikan dapat melayani sekitar 30.000 sambungan baru dan dialiri dari instalasi pengolahan air (IPA) Hutan Kota yang berkapasitas 500 liter per second (LPS).

“Anggaran dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Hutan Kota sebesar Rp 365 miliar, berasal dari PMD Provinsi DKI Jakarta. Total panjang pipa primer dan pipa distribusi SPAM Hutan Kota sepanjang 120 kilometer,” ujarnya, Senin (22/7).

Dijelaskan Priyatno, pembangunan SPAM IPA Hutan Kota sudah dimulai sejak 2018 dan diharapkan pada akhir tahun ini sudah bisa mengaliri air ke rumah-rumah warga.

Sebagai informasi, total pipa PDAM JAYA yang terpasang di Jakarta sampai dengan 2018 sepanjang 11.000 kilometer dan sudah melayani 862.850 pelanggan dengan total kapasitas produksi sebanyak 20.225 LPS. (hop)