Korsel

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI menambah 6 unit pesawat latih tempur jenis T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan. Hal tersebut merupakan kelanjutan kerja sama Indonesia dengan Korea Aerospace Industries (KAI).

“Kementerian Pertahanan melanjutkan kerja sama tersebut dengan rencana penambahan 6 unit Pesawat Tempur T-50i dengan KAI,” tulis Biro Humas Kemhan dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Kemhan menyatakan, penambahan keenam pesawat ini dilakukan dengan memperhatikan optimalisasi pemanfaatan komponen industri dalam negeri untuk mendukung penguatan industri strategis dalam negeri. Pengadaan pesawat asal Korea Selatan ini juga dimaksudkan untuk menyiapkan penerbangan handal untuk menjaga wilayah NKRI.

“Untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat strategis bagi TNI AU dalam rangka menyiapkan penerbang-penerbang tempur yang handal dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI dari Sabang sampai Merauke,” bunyi keterangan tertulis tersebut.

Kemhan juga menegaskan bahwa proses pengadaan enam unit T-50i telah melalui prosedur dan aturan yang berlaku dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait. “Dengan mengedepankan aspek efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas sehingga obyektivitas dalam setiap tahapan proses kontrak dapat dipertanggungjawabkan,” tambah keterangan tersebut.

Sebagai informasi, Kemhan RI telah melakukan kerja sama dengan KAI Korea Selatan sejak tahun 2014. Pada awal tahun 2014, Kemhan RI melakukan kerja sama untuk mendatangkan 16 Unit Pesawat T-150i dari perusahaan tersebut. (ant)