Zona Merah

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa vaksinasi sejalan dengan spirit keagamaan.

“Program vaksinasi masyarakat ini merupakan bagian penting menuju herd immunity (kekebalan kelompok, red),” ujar dia dalam keterangannya, Kamis (22/7).

Menag Yaqut menjelaskan program vaksinasi ini merupakan penjabaran dari ajaran agama yakni menjaga kehidupan. Sehingga, kata dia, program vaksinasi yang dijalankan pemerintah ini sejalan dengan spirit dalam beragama untuk menjaga keberlanjutan kehidupan.

“Mari sukseskan vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar lebih nyaman dalam beraktivitas meski dalam situasi yang amat terbatas dan herd immunity bisa dicapai,” ujar Yaqut.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengingatkan, meskipun program vaksinasi telah dijalankan masyarakat masih tetap harus mematuhi protokol kesehatan, tidak boleh lengah, dan abai sedikit pun terhadap aturan yang ditetapkan pemerintah. Menag Yaqut menyebut, semua bertujuan menjaga keselamatan bersama dari bahaya Covid-19.

Apalagi, lanjutnya, saat ini semuanya tengah menjalani masa menjalani PPKM level 4 dan 3 sebagai pilihan untuk menyempurnakan ikhtiar mengurangi tingkat penularan virus.

Dia kembali mengajak semua umat beragama untuk bersama-sama menyukseskan kebijakan ini dengan tetap taat dan patuh terhadap ketetapan yang sudah ditentukan. Menurutnya, kebijakan ini adalah bentuk pengorbanan dan pilihan sulit yang perlu didukung demi kebaikan bersama, demi menyelamatkan masyarakat yang lebih luas. (hop)