Kastara.id, Jakarta – Asosiasi Maskapai Penerbangan Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) mengungkapkan, pertumbuhan jumlah penumpang pesawat mencapai 16 persen di tahun ini.

“Meningkatnya jumlah penumpang pesawat udara di dalam negeri menjadi pertanda baik pertumbuhan dunia aviasi di Tanah Air,” ujar Sekjen INACA Tengku Burhanuddin di Jakarta akhir pekan kemarin (21/8).

Lebih lanjut Sekjen INACA menjabarkan, beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jumlah penumpang tahun ini, di antaranya, pertama, pertumbuhan ekonomi domestik yang semakin membaik sehingga kebutuhan akan angkutan udara meningkat.

Kedua, banyaknya rute-rute baru yang bermunculan di tahun ini, seperti rute Surabaya-Banyuwangi. “Munculnya rute-rute baru tersebut cukup menunjang penambahan frekuensi penerbangan,” katanya.

Ketiga, adalah dukungan pemerintah berupa perbaikan infrastruktur di sejumlah daerah. Seperti perbaikan dan pengembangan bandara-bandara di Indonesia yang memberi dampak positif pada peningkatan kenyamanan penumpang.

“Meningkatnya jumlah penumpang pesawat sama dengan meningkatnya pendapatan negara dari sektor pajak (PPN),” ujarnya. (nad)