Mural

Oleh: Jaya Suprana

SATU di antara sekian banyak penyebab metastasis adalah mengutak-atik pusat asal-muasal kanker sehingga terangsang menjalar ke sana ke mari.

Metastasis bukan terjadi hanya di dalam tubuh manusia tetapi juga di kehidupan sosial termasuk kegiatan kepolisian.

Satu di antara sekian banyak tugas utama kepolisian adalah menjaga agar masyarakat tidak melanggar hukum. Namun pada masa medsos dan alam demokrasi di mana setiap warga memiliki hak asasi untuk berpendapat serta mengungkap pendapat, sebaiknya pihak kepolisian berkenan lebih seksama dalam menunaikan tugas agar tidak terjadi dampak metastasis kehebohan seperti yang terjadi akibat kasus 404: Not Found.

Heboh Nasional
Semula istilah 404: Not Found sama sekali tidak menjadi perhatian masyarakat luas. Namun akibat penanganan yang kurang bijak maka kasus 404: Not Found yang semula biasa-biasa saja malah memetastasiskan diri menjadi isyu heboh nasional yang makin mencoreng citra pemerintah.

Apa pun alasannya fakta membuktikan bahwa masalah 404: Not Found telah berkembang menjalar ke sana kemari menjadi kehebohan nasional padahal semula sebenarnya sama sekali tidak heboh.

Teguran Presiden
Andaikata tidak ditangani oleh kepolisian malah tidak ada yang namanya kasus 404: Not Found. Kehebohan 404: Not Found yang bahkan telah menimbulkan rasa tidak nyaman tak kurang dari Presiden Jokowi sehingga menegur kepolisian agar bertindak lebih bijak terhadap kasus 404: Not Found.

Semoga sebagai dampak positif teguran presiden, pihak kepolisian Indonesia berkenan lebih eling lan waspada dalam selektif memilah dan memilih kasus yang perlu ditangani dari kasus yang sebaiknya jangan ditangani seperti 404: Not Found. (*)

* Pembelajar Kebudayaan dan Peradaban.