Trilene(R) HI50TN

Kastara.ID, Jakarta – PT Chandra Asri Petrochemical, perusahaan petrokimia terpadu yang terbesar di Indonesia, meluncurkan Trilene® HI50TN, kontainer makanan Thin Wall Injection Molded (TWIM) polypropylene (PP) yang menjadikan kontainer TWIM sebagai produk pilihan untuk Pengemasan Makanan.

Kontainer Makanan “Thin Wall” yang Memakai Trilene(R) HI50TN Buatan Chandra Asri Menawarkan Solusi Pengemasan Makanan yang Ramah Lingkungan untuk pasar Indonesia

Inisiatif ini dinilai sebagai terobosan dalam penerapan kemasan yang dapat dipakai kembali (reusable packaging) berkat material yang lebih higienis dan ramah lingkungan. Trilene® HI50TN juga telah memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta memenuhi standar halal sehingga menjamin keamanan dan kualitasnya.

Kontainer makanan yang ringan dan tipis dan terbuat dari PP diluncurkan PT Chandra Asri Petrochemical, serta digunakan untuk membagikan daging sapi kurban saat Hari Raya Idul Adha pada Juli lalu.

Kontainer TWIM PP menggantikan kemasan sekali pakai yang terbuat dari material lain. Kontainer sekali pakai memiliki aspek kebersihan dan keberlanjutannya masih diragukan. Sementara kontainer TWIM PP aman digunakan di lemari es dan microwave. Dengan demikian, kontainer ini menjadi solusi penyimpanan makanan yang efektif serta dapat dipakai kembali untuk menjaga kebersihan dan kesegaran makanan dalam waktu yang lebih lama.

“Kami ingin menginspirasi berbagai orang dengan manfaat material yang ramah lingkungan, yakni berbobot ringan dan memiliki harga yang terjangkau, sehingga mereka memakainya untuk menyimpan makanan sehari-hari, mengirim makanan, dan acara-acara lain dalam beberapa tahun mendatang,” kata Edi Rivai, Vice PresidentCorporate Relations and Sustainability, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Seperti diketahui, pendapatan sektor layanan antar makanan lewat internet (online food delivery) diproyekskan bertambah hampir dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan. Menyasar pesatnya kebutuhan atas kemasan yang ramah lingkungan untuk pengiriman dan pembungkusan makanan, kontainer TWIM PP yang terbuat dari Trilene® HI50TN dirilis demi mengurangi penggunaan kemasan kertas yang dilapisi plastik dalam industri layanan antar makanan di Indonesia. Dengan beralih memakai kontainer TWIM PP, kita mengurangi deforestasi secara drastis, yakni dengan menurunkan penggunaan kemasan sekali pakai yang terbuat dari kertas.

Trilene® HI50TN dikembangkan dengan Hyperform® (HPN™) Performance Additives buatan Milliken yang digunakan dalam kontainer makanan TWIM PP. Dengan tampilan yang lebih baik, HPN buatan Milliken membuat konsumen dapat melihat dengan jelas kesegaran makanan yang dikemas, meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menjamin kualitas makanan yang baik. HPN juga memberikan stabilitas dimensional untuk mengirimkan makanan tanpa kemasan yang tersobek (leak-proof); serta menghasilkan daya tahan yang lebih tinggi terhadap panas agar aman dipakai di microwave.

Hyperform HPN™ Performance Additives ikut mempercepat proses produksi kontainer TWIM PP di fasilitas pencetakan. Tersertifikasi UL, Hyperform HPN juga sangat hemat energi dan menghasilkan sedikit jejak karbon.

Secara keseluruhan, HyperformHPN™ menjadi solusi yang berkelanjutan bagi industri pengemasan makanan, dan alternatif yang ramah lingkungan bagi konsumen. (rfr)