Kastara.Id, Jakarta – Kampung Suryatmajan, Kecamatan Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Weda Satriya Negara menjelaskan beberapa inovasi dan program unggulan kelurahan  Senin (12/9).

Weda satriya mengatakan,dengan program unggulan di kampung suryatmajan diantaranya produk jambu yang berhasil membuat sebanyak 25 turunan produk jambu air.

“Di Kampung Jambu, masyarakat menanam buah jambu air dengan beragam jenis dari pohon yang ditanam warga. Hasil dari buah jambu yang ditanam warga juga diolah menjadi berbagai macam makanan seperti sirup jambu, kurma jambu, teh jambu, dendeng jambu, pudding jambu, selai jambu, sambel jambu, setup jambu serta naget jambu,” ucapnya.

Weda menambahkan, program unggulan lainnya yang tadi dipaparkan di depan juri seperti ,penanggulangan sampah menggunakan eco enzim dan Losida .

“Sampahnya kita berdayakan menjadi produk berupa sabun dan sebagainya, sehingga bermanfaat,” tuturnya.

Weda menjelaskan semua program unggulan tersebut merupakan bukti sinergi dari semua element masyarakat.” Jadi bukan hanya dari pemerintah kota melalui kelurahan tetapi juga melibatkan masyarakat,” ungkapnya.

Weda berharap dalam lomba ini wilayahnya bisa menjadi yang terbaik sehingga menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain. Targetnya bisa juara,” tutupnya.