TNI Manunggal Membangun Desa

Kastara.id, Depok – Kapten Infanteri Agung Bintoro dari Bimbingan Mental (Bintal) Kodam Jaya yang didampingi Lurah Cipayung Jaya Suprihatin, memberikan penyuluhan dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di Depok.

Penyuluhan dengan topik tentang bagaimana bersosialisasi di lingkungan rumah kita dalam hal beragama tersebut, berlangsung di aula Kelurahan Cipayung Jaya, Senin (22/10).

“Yang paling pokok, pedoman bangsa Indonesia UUD 45 dan Pancasila, ada pembukaan UUD 45, ada batang tubuh, itulah pedoman kita berbangsa dan bernegara,” ujar Agung.

Menurut Agung, hidup harus bersosalisasi di lingkungan tempat tinggal kita. Jadi kita harus saling menghormati dengan tetangga dalam semua hal yang positif, baik itu antar umat beragama maupun gotong royong. Hal itu sesuai dengan pedoman Pancasila pada sila ke-4 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawatan/perwakilan.

Agung juga menambahkan, dalam hal beragama kita harus saling toleran dan menghargai dalam menjalankan agama dan ibadahnya masing-masing. Itulah implementasi kerukunan umat beragama di lingkungan kita. Ini sesuai dengan pedoman bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

“Jadi sebagai manusia wajib hukumnya bersosialisasi demi kerukunan bertetangga. Kalau tidak mau bergaul, hidupnya di hutan,” tandas Agung. (rud)