Justin Trudeau

Kastara.ID, Jakarta – Pemilu parlemen Kanada dimenangkan oleh Partai Liberal, Justin Trudeau akan kembali menjadi perdana menteri.

Meski gagal memperoleh 170 suara, Partai Liberal meraih 156 kursi dari 338 yang diperebutkan sedangkan rival utamanya, Andrew Scheer dari Konservatif hanya mendapatkan 121 kursi.

Dilansir dari AFP, Trudeau punya waktu hingga Selasa depan untuk membentuk koalisi dengan beberapa partai guna membentuk pemerintahan.

Trudeau menyampaikan kepada media bahwa warga Kanada menolak perpecahan dan hal negatif dan memilih agenda progresif dan tindakan tegas terhadap perubahan iklim.

Mantan guru berusia 47 tahun ini mendominasi politik Kanada selama empat tahun terakhir, meskipun dalam kampanye 40 hari Trudeau dianggap sebagai salah satu yang terburuk dalam sejarah Kanada.

Masyarakat Kanada heboh setelah beredar foto Trudeau berdandan dengan tata rias yang dianggap rasial saat menghadiri satu pesta 18 tahun lalu.

Tak tanggung-tanggung, tiga foto rasial tersebar hanya dalam waktu 24 jam dan langsung menjadi sorotan jelang pemilihan umum PM Kanada. Trudeau sendiri langsung minta maaf.

Di tengah gejolak situasi sulit itu, Trudeau mendapat dukungan dari Barack Obama. Obama mengutarakan kebanggaannya ketika bekerja bersama Trudeau.

Menurut Obama, Trudeau merupakan sosok pekerja keras dan efektif, yang kerap menangani isu-isu besar seperti perubahan iklim. (yan)