Damkar

Kastara.ID, Depok – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok untuk pertama kali melatih 25 orang siswa untuk menjadikan relawan-relawan yang ahli dalam penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang rawan menjadi tempat penularan Covid-19, di Mako Damkar, Kota Kembang, Rabu (21/10).

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk mengatakan, 25 orang yang dilatih tersebut berasal dari tujuh organisiasi relawan yang ada di Kota Depok.

“Mereka yang kita latih berasal beberapa organisasi antara lain dari Retana, Laskar Merah Putih, Gerakan Hidup Sehat, Lembaga Anti Narkoba, Aksi Cepat Tanggap MRI Kota Depok, Sintas, dan Lasmura,” kata Denny.

Denny menambahkan, dalam pelatihan tersebut, relawan atau siswa ini diberikan empat materi. Materi pertama adalah pengarahan-pengarahan yang dapat membentuk mental rasa percaya diri ketika terjun ke lapangan.

“Dalam pelatihan yang pertama kali disampaikan, adalah materi peningkatan mental rasa percaya diri dalam pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara materi yang kedua, relawan diberikan penjelasan bagaimana cara penyemprotan disinfektan yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) penanganan Covid-19.

“Yang ketiga adalah mengenalan alat disinfeksi yang berbahan zat kimia dan yang keempat bagaimana praktik ketika melakukan penyemprotan disinfektan dalam gedung bertingkat,” imbuhnya.

Denny berharap dengan adanya pelatihan ini semoga para relawan atau siswa akan menjiwai dalam mencegah Covid-19. (*)