MotoGP 2019(motogp.com)

Kastara.id, Valencia – Pembalap asal Prancis, Johann Zarco untuk pertama kalinya menjajal motor KTM di tes Valencia pekan ini (20-21/11). Zarco mengaku sedikit khawatir dengan penampilan pertamanya bersama KTM karena ia merasa lajunya agak lambat.

Ia juga menjadi pembalap pertama yang turun ke lintasan untuk menguji coba RC16 milik pabrikan Austria itu. Zarco berada di urutan tercepat ke-17 di hari pertama, dengan selisih waktu +1.419 detik dari lap tercepat Maverick Vinales.

“Kami harus mengubah banyak hal pada motor hanya untuk menemukan pangkal motor. Ini bukan drama karena ini hari pertama, itu benar-benar berbeda bagi saya dibandingkan dengan apa yang saya pakai selama dua tahun di MotoGP, ” ujar Zarco seperti dilansir Autosport.

Menurut Zarco, begitu timnya akan menemukan pangkalan yang bagus, dirinya berharap untuk beberapa kondisi kering untuk segera mulai melihat potensi sebenarnya dari motornya. “Kami sedikit tidak beruntung karena hujan mulai turun, juga karena kami tidak menggunakan ban baru untuk mencoba laju yang benar-benar cepat,” jelas Zarco.

Zarco mengatakan, masalah terbesarnya pada hari Selasa kemarin adalah kurangnya kepercayaan diri membawa KTM begitu masuk Tikungan. “Valencia adalah lintasan sempit, di mana Anda harus merasa nyaman untuk masuk dengan cepat ke Tikungan, itu mungkin titik lemah hari ini dari motor KTM,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak mungkin bermain dengan kecepatan di tikungan. Jadi akan kehilangan waktu jika masuk terlalu lambat, tidak bisa cepat. “Saya pikir itu baik untuk memahami motor saat ini. Kami tidak punya masalah tentang ban, daya cengkeram bagian belakang, roda berputar. Intinya saya tidak bisa mengeluhkan hal-hal seperti itu karena saya belum melaju dengan cepat,” ungkapnya.

Ditambahkan Zarco, timnya harus membuat segalanya jelas dan kemudian ketika cukup cepat, motornya akan punya potensi untuk bekerja dengan baik.

“Intinya saya agak kesulitan masuk tikungan dengan motor ini, itu sebabnya saya agak lambat,” pungkas Zarco. (lan)