Pilkada Kota Medan 2020

Kastara.ID, Jakarta – Badan Pengawas Pemiliham Umum (Bawaslu) Kota Medan mencatat kedua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota telah melakukan pelanggaran protokol kesehatan. Jika ditotal terjadi 23 pelanggaran protokol kesehatan selama masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Divisi Data Hukum dan Informasi Bawaslu Kota Medan M Taufiqqurohman Munthe dalam keterangannya (21/11) menjelaskan, pasangan nomor urut 01 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi tercatat sembilan kali melakukan pelanggaran. Sedangkan pasangan nomor urut 02 Bobby Nasution-Aulia Rachman melakukan 14 kali pelanggaran protokol kesehatan.

Taufiqqurohman menjelaskan, bentuk pelanggaran protokol kesehatan yang paling banyak adalah jumlah orang yang melebihi kapasitas ruangan saat kampanye. Selain itu massa yang datang tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak. Taufiqqurahman menambahkan, jenis sanksi yang dijatuhkan berupa surat peringatan atau teguran tertulis.

Taufiqqurahman menuturkan, tim pemenangan kedua pasangan berdalih sudah berusaha membatasi peserta maksimal 50 orang. Namun masyarakat tetap memaksa hadir. Taufiqqurahman menyebut mereka bandel lantaran sangat antusias menghadiri kampanye.

Tim kampanye mengaku tidak bisa melarang. Pasalnya tindakan tersebut berpotensi menghilangkan suara.

Taufiqqurahman menegaskan, pihaknya selalu mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan, termasuk saat menghadiri kampanye Pilkada. Kepada tim pemenangan, Bawaslu meminta agar selalu mengingatkan masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Bawaslu mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang. Bawaslu berharap masyarakat juga mematuhi protokol kesehatan di Tempat Pemungut Suara (TPS). Bawaslu meminta masyarakat selalu, jaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker.

Bawaslu juga mengingatkan agar tidak terlibat money politik. Jika terlihat ada kecurangan, Bawaslu meminta masyarakat melaporkan ke pengawas pemilu.

Seperti diketahui Pilkada Kota Medan diikuti dua pasangan calon, yakni Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman. Akhyar saat ini menjabat sebagai Plt Wali Kota Medan dan diusung Demokrat dan PKS. Sedangkan Bobby adalah menantu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diusung PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura, dan PSI. (ant)