Padepokan Restu Bumi Ciracas

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memiliki lokasi wisata edukasi untuk masyarakat. Dalam lokasi tersebut, pengunjung bisa belajar urban farming sekaligus pengolahan sampah dengan biokonversi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, Padepokan Restu Bumi yang berlokasi di Komplek Dinas Lingkungan Hidup Ciracas ini merupakan pusat pendidikan lingkungan terpadu yang mengintegrasikan pengurangan sampah di sumber dan pertanian perkotaan (urban farming) dengan menerapkan siklus circular economy.

Dia menjelaskan, sambil bermain mereka belajar dan praktik menanam pohon, menandur padi di sawah, merawat tanaman palawija, dan menanam dengan hidroponik.

“Mereka juga diperkenalkan dengan biokonversi maggot lalat tentara hitam sebagai pengurai sampah organik sekaligus memberi makan ikan dengan maggot,” ungkap Andono, Ahad (22/11).

Menurutnya, anak-anak dapat bermain tanpa takut kotor karena lumpur. Anak-anak juga dikenalkan dengan perjalanan benih padi menjadi sepiring nasi dengan cara yang sederhana.

“Mereka perlu dikenalkan aktivitas peduli lingkungan dan bijak mengelola sampah sedari kecil maka itu mereka bermain dengan maggot di sini. Belajar di luar kelas semacam ini menjadi cara yang efektif mengenalkan kepedulian terhadap lingkungan. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan,” tandas Andono. (hop)