Pertamina Mandalika International Street Circuit

Kastara.ID, Mandalika – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengonfirmasi bahwa Pertamina Mandalika International Street Circuit telah mendapatkan izin homologasi dari Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) menjelang penutupan seri World Superbike.

Berdasarkan pemeriksaan lapangan yang dilakukan FIM pada 18 November, Sirkuit Mandalika dinyatakan lolos homologasi setelah dinilai aman untuk menggelar World 2021 Superbike 2021.

“Ini merupakan kabar baik bagi kita semua dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi sirkuit baru ini,” jelas Ricky Baheramsjah, yang menjabat Direktur Utama MGPA, berbicara dalam keterangan resmi, sebagaimana dilansir Antara.

“Dengan ini, Mandalika menjadi sirkuit yang layak dan memenuhi syarat untuk menggelar ajang balap motor internasional,” imbuhnya.

Uji homologasi merupakan serangkain proses untuk menilai semua aspek balapan sesuai standar untuk mendapatkan lisensi atau izin sebagai persyaratan untuk mengadakan balapan.

Uji homologasi meliputi beberapa aspek, seperti lintasan aspal, run-off area, guardrail, pit building, serta fasilitas kesehatan di sirkuit, yang perlu diperhatikan untuk menjamin keselamatan balapan.

“Penyelesaian uji homologasi ini menambah semangat kami untuk lebih all out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK mulai Jumat ini,” kata Baheramsjah.

Sirkuit Pertamina Mandalika menjadi tuan seri final Superbike musim 2021 pada 19-21 November.

Setelah Superbike, Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2022, seri kedua yang akan berlangsung pada Maret mendatang.

Sebelum itu, Mandalika juga akan menjadi tempat tes Pra-musim MotoGP 2022, yang dijadwalkan pada Februari mendatang. (tra)