Natal dan Tahun Baru

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 2.500 personel selama libur Natal dan Tahun Baru. Mereka akan bertugas untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di kawasan tempat-tempat wisata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, terdapat sembilan kawasan destinasi wisata dan pusat keramaian yang menjadi fokus perhatian.

“Kita lakukan mitigasi lalu lintas di kawasan Monas, Ancol, Kota Tua, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Lapangan Banteng, Taman Ismail Marzuki, dan Tugu Proklamasi,” ujarnya, Sabtu (22/12).

Sigit menjelaskan, Dishub juga sudah berkoordinasi dengan pemilik maupun pengelola gedung di sekitar kawasan wisata untuk memfasilitasi lokasi-lokasi parkir tambahan. Meski demikian, pihaknya mengimbau agar warga yang akan mengunjungi tempat-tempat wisata sebaiknya tidak menggunakan kendaraan pribadi.

“Kami berharap, transportasi umum dapat menjadi pilihan untuk mencegah terjadinya kemacetan. Nanti, kami akan lebih mengencarkan sosialisasi,” terangnya.

Sigit menambahkan, saat malam pergantian tahun akan ditempatkan ambulans-ambulans yang bersiaga di 22 titik-titik strategis maupun lokasi yang diproyeksikan menjadi pusat keramaian di lima wilayah kota.

“Selain personel, Dishub akan mengerahkan mobil derek dan Vehicle Message Sign. Kami akan bekerja optimal, kita menyiagakan petugas piket dan posko, baik di tingkat Dinas maupun Sudin, UP Terminal, dan UP SPLL selama 24 jam,” tandasnya.

Untuk diketahui, ketersedian dan penambahan-penambahan lokasi parkir di kawasan tempat wisata sebagai berikut:
1. Monas
Area parkir tersedia yakni IRTI Monas dengan lokasi parkir tambahan di Monas Pintu Istana, Stasiun Gambir, Masjid Istiqlal, Gedung Lemhanas, dan Perpustakaan Nasional.

2. Kawasan Kota Tua
Area parkir tersedia di sekitar Jalan Kali Besar dan Taman Kota Intan. Dishub juga akan mendorong dioperasikannya shuttle bus untuk memudahkan wisatawan yang parkir di Taman Kota Intan menuju Museum Sejarah Jakarta.

3. Lapangan Banteng
Lokasi parkir tambahan di Masjid Istiqlal dan Kantor Pos Besar.

4. Taman Ismail Marzuki
Area parkir tersedia di basement I dan II TIM, pelataran Masjid Amir Hamzah, dan pelataran Eks TPS 240.

5. Tugu Proklamasi
Area tersedia di Lokasi Parkir UMKM Proklamasi.

6. Taman Mini Indonesia Indah
A) Zona 1, area parkir tersedia di lokasi parkir besar utara dan selatan, serta Keong Mas.
B) Zona 2 atau tengah, untuk kendaraan roda dua dapat parkir di setiap anjungan.
C) Zona 3, untuk light vehicle di Museum Keprajuritan, Dunia Air Tawar, Taman Burung, Iptek, dan Majid At-Tin.

7. Taman Margawasatwa Ragunan
Lokasi parkir tersedia di area milik TMR dengan tambahan di Park and Ride Ragunan, Terminal Ragunan, dan Gedung Kementerian Pertanian. (hop)