Vaksinasi COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN yang sudah memiliki vaksin Covid-19.

Pemerintah Indonesia telah mengimpor 1,2 juta vaksin dalam bentuk jadi dari China. Bahkan, 15 juta bahan baku vaksin juga akan tiba. Dan pada Januari 2021, bakal ada tambahan 1,2 juta vaksin siap pakai.

“Tentu sesuai arahan Bapak Presiden, akhir Januari vaksin sudah bisa dilakukan,” terangnya dalam sambutan virtual, di Jakarta, Selasa (22/12).

Airlangga kembali menjelaskan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menganalisa efektivitas serta keamanan dari vaksin tersebut.

Berikutnya, data dari China terkait vaksin juga uji klinis di Brazil dan Bandung akan ditelaah untuk memastikan vaksin bisa didistribusi kepada masyarakat.

Di tahap awal, menurut Airlangga, tenaga kesehatan, pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI, Polri, pedagang pasar, dan UMKM akan menjadi prioritas utama penerima vaksin.

“Dan diharapkan rasa aman akan bangkit sehingga masyarakat berani bergerak untuk meningkatkan daya beli,” sambungnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemberian vaksin dilakukan tanpa dipungut biaya. Hal tersebut dilakukan setelah pemerintah menerima banyak masukan dari masyarakat berkenaan program vaksinasi. (ant)