Inilah Lokasi Balap Jakarta E-Prix 2022

Kastara.ID, Jakarta – Panitia Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 secara resmi menetapkan kawasan Ancol sebagai lokasi sirkuit lomba balap mobil listrik Formula E di Jakarta. Penunjukan disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni.

Dalam konferensi pers di Ancol/JI Expo, Rabu (22/11), Sahroni menyatakan, penunjukan Ancol sebagai lokasi Sirkuit Formula E sudah mendapat persetujuan Federasi Otomotif Internasional atau Fédération Internationale de l’Automobile (FIA).

Politisi Partai Nasdem ini menambahkan, FIA melalui Formula E Operations sebelumnya sudah melakukan kajian dalam waktu yang tidak singkat. Hasilnya diputuskan Ancol ditunjuk sebagai lokasi Sirkuit Formula E.

Sebelumnya Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, dalam keterangannya (20/12) mengatakan, pilihan lokasi balapan Formula E mengerucut pada dua tempat, yakni Ancol dan Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran.

Pilihan tersebut mengerucut setelah sebelumnya penyelenggara memberikan lima opsi lokasi yaitu Jalan Jenderal Sudirman, Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JI Expo, Jakarta International Stadium (JIS), dan Ancol.

Ajang Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix seharusnya diselenggarakan pada 2020. Namun akibat pandemi Covid-19, perlombaan tersebut ditunda. Akhirnya disepakati Jakarta E-Prix akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 dan menjadi salah satu rangkaian ulang tahun ke-494 Kota Jakarta.

Jakarta E-Prix akan menjadi balapan musim ke-9 selama 2022. Selain Jakarta, kota besar lain di dunia yang juga menyelenggarakan balap Formula E adalah Diriyah Saudi Arabia, Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul. (ant/hop)