Asuransi Kendaraan

Kastara.id, Jakarta – Salah satu cara memberikan perlindungan yang lebih bagi kendaraan adalah dengan memiliki asuransi kendaraan bermotor. Dengan memiliki asuransi kendaraan apabila ada musibah atau kejadian di luar dugaan seperti kecelakaan atau tabrakan dengan kendaraan lain maka resiko-resiko itu dapat diminimalisir.

Untuk itu pengetahuan akan pentingnya berasuransi perlu diberikan secara bertahap kepada masyarakat luas. Memilih asuransi merupakan hal yang paling utama demi kemudahan saat mengajukan aplikasi maupun klaim.

Agar masyarakat tidak segan untuk berasuransi dan kemudahan-kemudahan terus dikembangkan oleh perusahaan asuransi, simak cara jitu untuk memilih asuransi mobil yang tepat. Pertama, sesuaikan dengan kebutuhan dalam memilih produk atau jenis asuransi. Umumnya asuransi mobil memiliki dua jenis, yaitu all risk di mana asuransi memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Atau Total Loss Only (TLO) di mana asurasi memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan total pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh mobil kebakaran, mobil mengalami kecelakaan seperti mobil tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas lainnya (usia kendaraan maksimal 15 tahun).

Kedua, harus memilih perusahaan yang terpercaya agar calon pelanggan merasa aman terhadap perusahaan asuransi yang dipilih. Ada baiknya perusahaan tersebut memang sudah diakui oleh lembaga tertentu. Di Indonesia lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Ketiga, kejelasan dari isi polis. Polis yang baik adalah yang menjelaskan secara terperinci hal-hal apa saja yang di-cover, tidak di-cover, hingga menjadi perluasan. Tidak hanya dijelaskan dalam polis, tapi pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih. Jangan sampai saat pelanggan mengajukan klaim namun ditolak oleh perusahaan asuransi karena alasan tidak ter-cover.

Keempat, proses klaim yang mudah saat pelanggan mengajukan klaim. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang dapat dirasakan pelanggan di era jaman sekarang sudah terintegrasi dengan teknologi. Pelanggan dapat melakukan klaim via aplikasi dengan hanya mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan, melakukan foto kerusakan mobil, isi data pribadi, dan memilih waktu kendaraan pelanggan untuk masuk bengkel.

Kelima, jaringan bengkel yang tersebar luas serta berkualitas. Jaringan bengkel rekanan yang luas akan memberikan kemudahan untuk menentukan bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki mobil.

Keenam, tersedianya layanan konsumen 24 jam. Jadi kapan pun mengalami musibah seperti kecelakaan, layanan konsumen akan siap membantu. Dan pastikan juga fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan yang ketujuh, jangan tergiur dengan harga premi yang murah. Teliti dulu apakah dengan harga premi yang murah akan berpengaruh saat pengajuan klaim. Jangan sampai hal ini akan berpengaruh buruk untuk aspek keuangan. (koes)