Kebakaran Tomang

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi korban kebakaran di Kelurahan Tomang, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Anies mengatakan, sebanyak 165 rumah warga di RW 11, 14, dan RW 15 terbakar. Akibatnya, sebanyak 234 Kepala Keluarga dengan 1.251jiwa kehilangan tempat tinggal.

“Pemprov DKI telah bergerak cepat merespons terjadinya kebakaran dan memberikan bantuan bagi warga,” ujar Anies, Selasa (22/1) malam.

Anies menjelaskan, seluruh kebutuhan dasar warga korban kebakaran dipastikan terpenuhi mulai dari kebutuhan air bersih, makanan, tempat tinggal darurat hingga pelayanan kesehatan. “Kami pastikan semua terlayani dengan baik,” terangnya.

Anies mengapresiasi kinerja Wali Kota Jakarta Barat serta jajaran SKPD maupun UKPD terkait, serta para relawan karena sudah bekerja optimal membantu warga yang sedang tertimpa musibah.

“Ada tenda pengungsian, dapur umum, posko kesehatan hingga toilet mobile yang kita sediakan,” ungkapnya.

Anies meminta, warga lanjut usia (lansia), balita, anak-anak, serta mereka yang memerlukan perhatian khusus agar mendapatkan prioritas bantuan. “Kita akan memastikan warga yang sedang mendapat musibah dikurangi bebannya. Kita terus memantau dan membantu,” ucapnya.

Anies memastikan, Pemprov DKI juga akan membantu dan memberikan kemudahan bagi warga yang kehilangan dokumen atau surat penting agar bisa segera diurus. “Kami akan berikan layanan jemput bola. Nanti petugas kita yang akan mendatangi warga,” tandasnya.

Kebakaran di RW 11, 14, dan RW 15, Kelurahan Tomang terjadi pada Senin (21/1). Dugaan sementara, kebakaran dipicu akibat hubungan pendek listrik. (hop)