Alutsista

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang dipimpin Prabowo Subianto mendapat Rp 126,5 triliun dalam APBN 2020 dan akan fokus menggunakan anggaran untuk memperkuat dan memodernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (alutsista) TNI sepanjang 2020.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. “Pak Prabowo ingin salah satunya (anggaran) itu untuk penguatan dan modernisasi Alutsista,” katanya (23/1).

Prabowo memiliki empat prinsip yang akan dijalankan dalam mengelola anggaran. Pertama tepat guna, kedua efisien, ketiga ekonomis, serta terakhir harus melibatkan aspek geopolitik dan geosentris.

Diplomasi ini, merupakan salah satu cara yang dilakukan Prabowo untuk mengoptimalkan anggaran. Terutama dalam hal mempertahankan hubungan baik dengan sejumlah negara yang strategis, sekaligus terkait alutsista yang berkaitan langsung dengan persenjataan.

Dahnil juga menyebut bahwa politikus yang tetap mengkritik kunjungan luar negeri Prabowo adalah mereka yang tak paham dengan bidang pertahanan. Literasinya pun kurang. (ant)