Kastara.ID, Jakarta – Kemeriahan Imlek bakal hadir di Thamrin 10 Food and Creative Park, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Salah satunya, dengan menyuguhkan pertunjukan wayang khas Tionghoa yakni Wayang Potehi.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, kesenian Wayang Potehi dibawa oleh perantau etnis Tionghoa ke berbagai wilayah nusantara pada masa lampau.

Potehi berasal dari akar kata “pou” yang berarti kain, “te” berarti kantong, dan “hi” adalah wayang. Secara harfiah, bermakna wayang yang berbentuk kantong dari kain.

“Wayang ini dimainkan menggunakan lima jari. Tiga jari tengah mengendalikan kepala. Sementara ibu jari dan kelingking mengendalikan tangan sang wayang,” ujar Arief, Kamis, (23/1).

Acara ini akan digelar pada tanggal 26 Januari 2020 mulai pukul 19.00. Masyarakat umum yang hendak datang ke Thamrin 10 bisa menikmati pertunjukan tersebut secara gratis. Untuk lebih menyemarakkan acara ini akan ada juga festival bakmi.

“Selain itu di lokasi juga nanti akan ada Festival Barongsai. Seluruh kegiatan ini dilakukan untuk memeriahkan Hari Raya Imlek,” tandasnya. (hop)