InfoPublik

Kastara.id, Depok – Direktorat Pengelolaan Media Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memilih Kota Depok, Jawa Barat, sebagai tempat pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Konten Bagi Pengelola Media Center (MC) Daerah. Salah satu alasannya adalah karena Dinas Kominfo Kota Depok belum bergabung dengan portal berita InfoPublik.id.

“Kami sengaja mengambil tempat di Kota Depok. Mengapa? Kami tahu Depok belum tergabung dengan InfoPublik. Maka saya pilih Depok, mudah-mudahan sesudah Bimtek ini bisa bergabung dengan InfoPublik,” kata Kepala Sub Direktorat Media Online, Direktorat Pengelolaan Media Publik, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo Nurlaili saat penutupan Bimtek Media Center 2018 di Kota Depok, Kamis (22/2).

Disebutkan, saat ini Kementerian Kominfo telah memfasilitasi sebanyak 251 Media Center di sejumlah provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. Dalam Bimtek kali ini, pihaknya telah mengundang dan memberikan penghargaan kepada 21 MC, di antaranya 5 MC provinsi dengan pengiriman berita teraktif tahun 2017, dan 10 MC kabupaten/kota.

Kemudian 10 MC provinsi/kabupaten/kota dengan pengiriman foto teraktif 2017, dan 3 MC dengan foto terbaik tahun 2017. Dalam Bimtek tersebut tercatat 60 peserta yang hadir.

Nurlaili berharap, ilmu yang telah diperoleh dari Bimtek tersebut dapat meningkatkan pengembangan MC di daerah masing-masing.

Nurlaili juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang telah menemani selama pelaksanaan Bimtek di Kota Depok. “Mudah-mudahan pertemuan awal ini akan terus berlanjut dalam melaksanakan tugas kita,” ujarnya.

Ia menambahkan, InfoPublik terbuka menerima masukan MC daerah. “Jadi kalau ada masalah di InfoPublik yang perlu pengembangan, kami menerima masukan teman-teman daerah, karena teman-teman daerah juga yang akan menggunakan InfoPublik. Jadi kami terbuka, menerima masukan, dan kritikan semuanya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Depok Sidik Mulyono menyampaikan, dengan ilmu yang didapat dari Bimtek ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas MC dan mempromosikan kepariwisataan di Indonesia.

Dalam sebuah kesempatan, Sidik Mulyono sempat mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya memang masih aktif mengelola website resmi Pemkot Depok. Namun ke depannya, pihaknya akan mulai aktif bersinergi dengan mengirimkan konten ke InfoPublik. (rud)