Beranda Headline Berita Indonesia Diminta Berikan Bantuan Untuk Negara-Negara Pasifik

Indonesia Diminta Berikan Bantuan Untuk Negara-Negara Pasifik

Kastara.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia sebagai negara berkembang yang sangat maju diminta untuk memberikan bantuan-bantuan yang bisa diterima oleh negara-negara di pasifik.

Hai itu ungkapkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto usai Rakorsus dengan kementerian/lembaga, di Kantor Kemkopolhukam, Jakarta, Jumat (23/2).

Rakorsus tersebut untuk menindaklanjuti hasil pertemuan dengan sejumlah Kepala Negara di negara-negara Pasifik oleh Menkopolhukam saat mewakili Presiden menghadiri perayaan 50 tahun kemerdekaan Republik Nauru, Senin (29/1) lalu. “Dari Rakorsus ini untuk menghasilkan suatu pemahaman bersama bagaimana membangun negara-negara Pasifik,” kata Wiranto.

Menurutnya, Indonesia sudah dianggap sebagai negara berkembang yang sangat maju dan diminta untuk memberikan bantuan-bantuan yang bisa diterima oleh negara-negara Pasifik misalnya bantuan kapasitas building dari berbagai hal. Kemudian juga memberikan pengalaman-pengalaman dalam rangka menyelenggarakan berbagai event nasional dan sebagainya termasuk melatih kepolisiannya.

Selain itu, bagaimana kerja sama perikanan dan perdagangan, argo culturer dan rumput laut. Termasuk pembangunan infrastruktur yang masuk dalam capacity building, misalnya memberikan suatu keahlian-keahlian dan pengalaman dari Indonesia.

“Tentunya hubungannya lebih spesifik bagaimana kerja sama luar negerinya. Ini semua perlu dirapatkan makanya hari ini kita rapat agak besar kita mengundang 43 KL,” ungkap Wiranto. (npm)

- Advertisement -

TERBARU

Bonus Demografi jadi Peluang Bangun Industri

Kastara.ID, Jakarta - Kementerian Perindustrian mengajak generasi muda tanah air untuk beperan aktif dalam membangun industri nasional yang berdaya saing global. Hal ini sebagai...