Kastara.id, Depok – Esshhammm pedasnya harga cabai rawit merah di Depok tembus Rp110 ribu per kilogram.

Penyebab harga cabai semakin pedas karena banjir dan curah hujan tinggi yang terjadi di sejumlah daerah produsen cabai yang memberi dampak gagal panen.

Seorang pedagang cabai Pasar Kemirimuka, Parni mengatakan, harga cabai rawit merah mengalami kenaikan hampir selama tiga minggu ini. Harga cabai rawit merah untuk kualitas bagus dan sudah dipetik Rp110 ribu per kilogram.

“Cabai rawit merah yang sudah dipetik seharga Rp110 ribu dan yang belum dipetik Rp100 ribu,” ujar salah seorang pedagang, Selasa (23/2/2021).

baa juga: Gejolak Harga Cabai Diantisipasi dengan EWS dan Bantuan Pascapanen

Ia mengungkapkan, naiknya harga cabai rawit merah disebabkan petani mengalami gagal panen akibat curah hujan tinggi dan banjir.

Di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, harga cabai rawit merah Rp90 ribu per kilogram yang belum dipetik. Belum lagi, Parni harus menghitung biaya ongkos kirim dan kuli panggul Rp70 ribu untuk satu kali pengiriman.

“Kalau lagi naik harganya, sedikit yang beli jadi saya mengurangi stok dari 20 kilogram sehari, sekarang menjadi 15 kilogram,” katanya.

Kenaikan harga cabai rawit merah dibenarkan Kepala UPT Pasar Kemirimuka Sabeni yang mengatakan bahwa harga cabai rawit merah sebelumnya mengalami penurunan, namun kini harga cabai mencapai Rp110 ribu per kilogram.

Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, pedagang mencampur cabai rawit merah dengan cabai lainnya, sehingga harga akan menjadi murah.

“Kalau cabai rawit merah murni Rp110 ribu per kilogram, kalau yang di campur mencapai Rp100 ribu per kilogram,” ujar Sabeni.

Sabeni menuturkan, untuk harga cabai rawit hijau masih bertahan seharga Rp70 ribu per kilogram, cabai merah kriting Rp60 ribu per kilogram, cabai hijau besar Rp15 ribu per kilogram, dan cabai merah biasa Rp50 ribu per kilogram.

UPT Pasar Kemirimuka akan terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok akibat dampak banjir yang terjadi di beberapa kota penghasil cabai.

Kenaikan harga cabai rawit merah juga terjadi di Pasar Cisalak. Kepala UPT Cisalak Pasar, Sutisna mengatakan harga capai rawit merah mencapai Rp100 ribu per kilogram. Kenaikan harga cabai menjadi keluhan pedagang pasar dikarenakan minat pembeli menurun. Kenaikan harga cabai tidak terlepas dari lahan petani cabai kebanjiran sehingga gagal panen.