Kota Tua

Kastara.id, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Komunitas Pesepeda Jakarta melakukan rutinitas gerakan Bike To Work. Hal ini untuk membudayakan pola hidup sehat berolahraga menuju tempat kerja. Dengan rute awal dari Selong, Jakarta Selatan, menuju Kota Tua Jakarta Barat, kemudian berakhir di Monumen Nasional Monas, Jakarta Pusat, Jumat (23/3).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga meninjau sejumlah lokasi yang akan menjadi bagian penataan kawasan Kota Tua, di antaranya revitalisasi Kali Besar dan Taman Kota Intan. “Taman Kota Intan sebagai update dari 400 PKL yang waktu itu ditata tahun lalu, hanya bertahan 30, dan 30 sudah tutup, karena memang keadaannya sangat berat,” papar Sandiaga.

Disebutkan, kondisi lokasi binaan (Lokbin) Taman Kota Intan yang sepi menjadi suatu dorongan bagi Pemprov DKI Jakarta untuk benar-benar menghadirkan penataan kawasan Kota Tua yang menyentuh seluruh aspek, baik aspek ekonomi rakyat menengah ke bawah maupun sektor pariwisata.

“Nanti kami juga undang Ombudsman karena ini ada kepentingan PKL, dan Ombudsman sangat aware dan concern terhadap PKL. Jadi kami akan minta masukkan sebelum menata kawasan Kota Tua,” ujarnya.

Di samping itu, ia juga akan meminta SKPD terkait untuk melibatkan dan menjaga koordinasi dengan pihak konsorsium, pemilik gedung di sekitar Kota Tua, serta pemangku kepentingan lain dalam penataan Kota Tua.

Ia menambahkan, selain penataan jangka pendek, ada pula penataan jangka menengah, untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan event akbar Asian Games 2018, serta penataan jangka panjang demi mewujudkan Kota Tua sebagai situs warisan dunia dari UNESCO.

“Kita harapkan dalam satu-dua minggu ini akan dipresentasikan oleh tim yang sudah selalu kumpul sejak tiga pekan terakhir untuk update terkait penataan ini,” pungkasnya. (rud)