Sidang Isbat

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1441H pada 23 April 2020. Untuk pertama kalinya, Kemenag akan menggelar sidang isbat secara daring (online).

“Ini untuk menjaga physical distance pada masa darurat Covid-19 yang tengah kita hadapi bersama,” jelas Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Kamis (23/4).

Kamaruddin menjelaskan, tempat utama sidang akan berlangsung di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta, mulai pukul 17.00 hingga 19.20 WIB.

Ia menjelaskan, ada tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat. Sidang Isbat diawali dengan Paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama pada pukul 17.00-18.00 WIB, yang akan disiarkan secara langsung.

Dilanjutkan dengan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan dihadiri unsur MUI, DPR RI, serta Pejabat Kementerian Agama. Adapun perwakilan Ormas Islam dapat mengikuti melalui webinar yang telah disiapkan pada pukul 18.20 WIB.

“Seperti biasa, prosesi sidang ini akan berlangsung secara tertutup,” kata Kamaruddin.

Terakhir, hasil sidang isbat akan diumumkan melalui Telekonferensi Pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1441H/2020M pada pukul 19.05 WIB–selesai, yang akan disiarkan secara langsung.

Adapun siaran langsung sidang isbat dapat diakses pada link berikut ini:
1. TVRI (TV pool)
2. Youtube Kemenag RI: https://www.youtube.com/channel/UCg8r6lAzXP9OCyR0G1uBewg 
3. Fanpage Kemenag RI: https://www.facebook.com/KementerianAgamaRI
4. Instagram Kemenag RI: https://www.instagram.com/kemenag_ri/
5. Live Streaming: https://live.kemenag.go.id/. (put)