Kastara.id, Yogyakarta – Menyusul kesuksesan tantangan serupa yang dilakukan pada rute Bandung-Jakarta, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyelenggarakan kembali rangkaian eco-driving. Ini menjadi ajang pembuktian manfaat nyata teknologi Nissan Xtronic CVT (Continously Variable Transmision) yaitu transmisi otomatis tanpa menggunakan roda gigi yang tersemat pada model Grand Livina sebagai salah satu contoh dari teknologi Nissan Inteligent Mobility.

Para peserta menempuh rute dari Madiun ke Yogyakarta yang padat kendaraan dan jalur yang lebih menantang. Kondisi tersebut membuat peserta harus menerapkan keterampilan mengemudi dalam melewati lalu lintas yang padat dengan truk dan bus antarkota, sepeda motor, dan permukaan jalan yang sempit dan tidak rata.

Hasil dari acara ‘Tantangan 7 Liter Livina’ di jalur utama Madiun-Yogyakarta yang berlangsung awal Mei lalu ini berhasil mencatatkan rekor konsumsi bahan bakar sebesar 1:25 L, lebih baik dari acara tantangan pertama yang melalui Jalur Bandung-Jakarta dengan rekor konsumsi bahan bakar sebesar 1:30,3 Km/L.

Pencapaian ini merupakan bukti bahwa Nissan Xtronic CVT memberikan kontribusi signifikan kepada efesiensi Grand Livina dimana mobil ini dapat dikendarai secara halus tanpa adanya hentakan karena perpindahan gigi secara manual ataupun otomatis sehingga terdapat keseimbangan optimal antara tenaga yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakarnya. “Teknologi penting ini adalah salah satu contoh dari banyak teknologi dengan visi Nissan Inteligent Mobility lainnya yang memberikan manfaat nyata bagi konsumen kami,” ujar Vice President Sales & Marketing NMI Davy J. Tuilan.

NMI menggelar eco-driving ini untuk membuktikan keandalan dan efesiensi Grand Livina dalam kondisi jalur sehari-hari. Berdasarkan catatan Multi Information Display (MID) konsumsi bahan bakar yang paling efisien dalam tantangan kali ini tercatat sebesar 25,3 Km/L yang dikalibrasi sebelum kompetisi.

Dari acara ini Nissan Grand Livina mendapatkan peringkat tertinggi di segmen MPV dalam studi Indonesia Initial Quality Study 2015 (IQS) dari J.D. Power Indonesia, dan baru baru ini Nissan Grand Livina juga meraih penghargaan The Highest Customer Satisfaction Index in Comfort berdasarkan Customer Satisfaction Survey 2016 yang diselenggarakan oleh Auto Bild Indonesia. (koes)