Modal Ventura Milik Telkom Suntik Investasi Startup Logistik

Roambee Corporation

Kastara.id, California – Perusahaan rantai pasokan Internet of Things (IoT) dan visibilitas aset perusahaan, Roambee, mengumumkan telah memperoleh investasi sebesar dua miliar dolar AS dari MDI Ventures, modal ventura milik Telkom Indonesia (22/6). Dengan investasi ini, Roambee hampir merampungkan target pendanaan sebesar 10 miliar dolar AS dan laju ekspansinya di tujuh negara hanya dalam waktu 14 bulan.

Investasi dari MDI akan digunakan untuk mendukung upaya Roambee untuk masuk ke pasar logistik Indonesia dan Asia Tenggara yang tengah berkembang pesat. Pelanggan pertama Roambee di Asia Tenggara tak lain adalah Telkom Indonesia.

“Peluang bisnis di Indonesia sungguh besar. 24 persen PDB negara ini dialokasikan pada logistik – salah satu yang terbesar di dunia. Investasi dari MDI memungkinkan Roambee untuk mendukung percepatan transformasi digital korporat pada seluruh sektor visibilitas pemantauan aset dan pengiriman rantai pasokan,” ujar CEO Roambee Sanjay Sharma.

Pesatnya pertumbuhan modal ventura asal Asia, seperti MDI, mengubah laju investasi global, karena untuk pertama kalinya, berhasil melampaui modal ventura asal AS. Tak kalah penting, riset terbaru menunjukkan pasar logistik Indonesia diproyeksikan akan mencapai nilai 240 miliar dolar AS pada 2021.

Setelah mengkaji lebih dari 7.000 perusahaan di sektor logistik berbasis IoT, MDI ventures memutuskan memilih berinvestasi pada Roambee karena memiliki kemampuan tracking, tracing, dan monitoring yang handal dan real-time melalui beragam jenis sensor, yang secara bersamaan mampu menjalankan analitik dan pelaporan prediktif.

“Solusi Roambee yang terintegrasi sangat cocok untuk menjawab berbagai tantangan di ekosistem rantai pasokan Indonesia, yang kami harapkan dapat rampung dan menjadi salah satu layanan korporat dari Telkom Indonesia pada akhir tahun ini,” ujar CEO MDI Ventures Nicko Widjaja.

Berkantor pusat di Jakarta dan beroperasi di Singapura dan Silicon Valley, MDI Ventures memadukan model modal ventura dengan layanan strategi go-to-market di Indonesia setelah membuat investasi finansial. MDI Ventures saat ini adalah modal ventura korporat Indonesia paling aktif yang berinvestasi di 10 negara dan lebih dari tujuh perusahaan teknologi. Kerja sama antara MDI Ventures, Telkom Indonesia, dan Roambee adalah contoh terkini dari pendekatan strategis yang sangat ampuh.

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk memperoleh investasi dari MDI Ventures yang percaya kepada visi kami,” tambah Sharma.

“Kami sangat optimistis terhadap perkembangan rantai pasokan berbasis IoT dan dampaknya terhadap Indonesia. Investasi ini akan membantu kami melanjutkan pertumbuhan bisnis kami,” pungkasnya. (nas)