Beranda Headline Berita Pemilihan Abnon Cilik Kembali Digelar Ancol

Pemilihan Abnon Cilik Kembali Digelar Ancol

Kastara.ID, Jakarta – Setelah sempat vakum sejak tahun 2010, pemilihan abang none (Abnon) cilik akan kembali digelar PT Pembangunan Jaya Ancol. Acara yang mengangkat tema ‘Mengenang Kembali Abang None Cilik di Pasar Seni Ancol’ ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-493 Kota Jakarta.

“Pemilihan Abnon Cilik ini awalnya rutin digelar setiap tahun sejak tahun 1980 hingga 2010. Kegiatan sempat tidak diselenggarakan dan saat ini kami selenggarakan kembali,” ujar Rika Lestari, Head Departement Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Selasa (23/6).

Dikatakan Rika, kegiatan ini digelar untuk mengenalkan budaya asli Jakarta kepada anak-anak dan remaja agar tetap lestari. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pemilihan Abnon Cilik ini pendaftarannya dibuka sejak Senin (22/6) hingga Jumat (26/6).

“Pemilihan Abnon Cilik ini akan diselenggarakan dalam dua kategori yakni kategori A usia 6-8 tahun dan kategori B usia 9-12 tahun,” kata Rika.

Adapun cara untuk mengikuti kompetisi ini, dijelaskan Rika, dengan cara mengirimkan video anak mengenakan baju adat Betawi sambil menjelaskan secara singkat bagaimana atau apa yang akan dilakukan untuk melastarikan budaya Betawi.

Kemudian calon peserta juga wajib menampilkan aktivitas seni dan budaya Betawi seperti pantun, memainkan alat musik tradisonal Betawi, menggambar ragam hias motif dan ornamen Betawi atau bercerita tentang delapan ikon Betawi. Video tersebut dikirim ke akun instagram @pasarseni-ancol.

“Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, manajemen Ancol mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui instansi terkait dan juga Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Nantinya instansi dan LKB turut menjadi bagian dalam penjurian untuk menilai video yang telah dikirimkan ke akun instagram¬†@pasarseni_ancol,” ucapnya.

Pihak Ancol akan memberikan hadiah menarik bagi para pemenang seperti annual pass atau kartu keanggotaan yang bisa dinikmati selama setahun untuk mengunjungi unit-unit rekreasi Ancol. (hop)

- Advertisement -

TERBARU

Nakagami Sukses Raih Pole di MotoGP Teruel 2020

Kastara.ID, Aragon - Pembalap asal Jepang Takaaki Nakagami sukses meraih posisi Pole di sesi Kualifikasi MotoGP Teruel 2020, Sabtu (24/10). Pembalap satelit LCR Honda IDEMITSU...