Daging Kurban

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengimbau seluruh panitia kurban Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Jakarta tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai saat membagikan daging kurban. Apalagi, sampai menggunakan kantong plastik kresek hitam.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, panitia kurban sebaiknya menggunakan wadah yang ramah lingkungan seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek daun kelapa, dan besek daun pandan.

“Kantong plastik merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah. Untuk itu, kami mengimbau penggunaan wadah dari bahan ramah lingkungan yang mudah didapat,” ujarnya, Selasa (23/7).

Andono menjelaskan, khusus untuk kantong plastik kresek hitam merupakan hasil dari proses daur ulang plastik bekas pakai yang mengandung zat karsinogen dan berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, dalam prosesnya juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.

“Kita tentu juga tidak bisa mengetahui penggunaan plastik hitam itu sebelum didaur ulang,” terangnya.

Ia menambahkan, imbauan tidak memakai kantong plastik kresek hitam untuk mewadahi makanan sudah digaungkan pemerintah sejak lama. Pada tahun 2009, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis peringatan publik tentang bahaya kantong plastik kresek hitam.

“Masih ada waktu yang cukup bagi panitia untuk melakukan persiapan dengan baik,” tandasnya. (hop)