Rawa Belong

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar Gebyar Bunga 2019 di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat, 22-24 Juli.

Berbagai kegiatan memeriahkan pelaksanaan Gebyar Bunga ke-6 ini seperti, lomba, kursus, pemecahana Rekor MURI Pelaminan Terpanjang dari 20.000 Tangkai Bunga Mawar, serta Pemilihan Putri Bunga 2019.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, tujuan dilaksanakan Gebyar Bunga ini sebagai sarana promosi, publikasi, dan peningkatan agribisnis bunga dan tanaman hias di DKI Jakarta.

“Gebyar Bunga ini sekaligus memperkenalkan Pasar Bunga Rawa Belong sebagai objek wisata agro,” ujarnya, Selasa (23/7).

Sementara Kepala UPT Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta Wati Mutia menambahkan, Pemilihan Putri Bunga 2019 bertujuan untuk mengenalkan potensi pertanian, khususnya bidang florikultura Indonesia kepada generasi muda. Pemilihan Putri Bunga 2019 diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pelajar dari lima wilayah kota dan satu kabupaten di DKI Jakarta.

“Setelah melewati tahapan seleksi awal, terpilih 10 finalis yang mengikuti pembekalan pada 14-16 Juli lalu. Adapun materi pembekalan meliputi, self branding, public speaking, pengenalan aneka bunga nusantara, kelas merangkai bunga, dan program Dinas KPKP,” terangnya.

Ia menambahkan, lomba-lomba yang diadakan pada Gebyar Bunga Tahun 2019 yakni, Merangkai Bunga, Merangkai Stick Werk atau Bunga Papan, Kebersihan Kios, serta Tertib Retribusi Lapak dan Kios.

“Lomba diikuti oleh ratusan peserta baik pedagang maupun umum. Selain itu kami juga adakan kursus hand bouqet dan stick werk atau bunga papan,” tandasnya. (hop)