ASEAN Schools Games 2019
Kastara.ID, Semarang – Pencak silat Indonesia berhasil mengumpulkan sebanyak 7 medali emas di ASEAN Schools Games 2019. Dengan jumlah tersebut menjadikan Indonesia berstatus juara umum. Para petarung Merah Putih sudah merampungkan seluruh perebutan emas di ASG 2019, Selasa (23/7). Indonesia mengoleksi 7 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu.
Manajer Tim Pencak Silat Indonesia Ika Lesmana mengatakan, jumlah medali emas yang begitu mengejutkan. Sebab sebelumnya untuk pencak silat Indonesia hanya ditargetkan untuk meraih 5 medali emas. “Ini melebihi target kita. Kita awalnya ditargetkan cuma 5 medali emas dan ini lebih dua, tentu sangat mengejutkan,” katanya di Hotel Patrajasa, Semarang, Jawa Tengah.
Menurut Ika, peraihan 7 medali emas ini memang pantas untuk Indonesia. Hal ini dilihat dari kerja keras para atlet selama menjalani pelatnas. Para atlet yang terdiri 10 orang tersebut dikenal tidak pernah lelah. Bahkan mereka sangat mudah untuk menerima masukan dari pelatih. “Kita kasih masukan mereka sangat mudah menangkapnya. Jadi wajar saja mereka mendapatkan hasil yang luar biasa, saya rasa pantas aja,” katanya.
Di balik kegembiraannya tersebut, Ika sendiri mengaku sedih di penghujung ASG 2019. Ini setelah ia mengingat kenangan selama menjalani pelatihan. “Saya berharap mereka yang menjadi penerus atlet. Jadi regenerasi kakak-kakak mereka di SEA Games dan Asian Games tidak berhenti. Tapi mereka dapat menggantikan,” pungkasnya.
Berikut daftar atlet pencak silat Indonesia yang memperoleh medali:
Medali Emas
1. Katagori Seni Putra: Azharien Geofaninugroho
2. Katagori Seni Putri: Kyra Andhayu Noer
3. Katagori Tarung Putra kelas C: M. Zaki Zikrillah
4. Katagori Tarung Putra Kelas E: I GD Arya Widhyantara
5. Katagori Tarung Putra Kelas F: Amirullah Karim
6. Katagori Tarung Putri Kelas C: Kurnia Fatma Amanah
7. Katagori Tarung Putri Kelas D: Arifa Fismawati
Medali Perak
1. Katagori Tarung Putri Kelas E: Khansa Avissa Salsabila
Medali Perunggu
1. Katagori Tarung Putra Kelas B: Muhammad Agil Pakaya
(lan)