Evita Nursanty

Kastara.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Evita Nursanty menilai 21 calon anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) yang telah melewati seleksi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) adalah dinyatakan teruji layak.

“Kita berharap nama yang diajukan memang nama yang benar-benar sudah terseleksi, dari 21 calon nama yang diajukan adalah nama-nama yang kredibel,” ujar Evita Nursanty di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (23/8).

Dia melanjutkan, nama-nama yang diajukan kepada DPR telah melewati serangkaian tahapan yang dilakukan oleh Panselnas. Secara khusus, pihaknya juga mendapat penjelasan mengenai tahapan dalam proses seleksi dari Pansel.

Pihaknya juga menerima tanggapan dan masukan masyarakat terhadap 21 calon, yang sebelumnya telah diumumkan oleh Pansel KIP.

Pasca DPR menerima calon-calon tersebut, lanjut dia, Komisi I akan segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan yang rencananya awal bulan September tahun ini. Kemudian akan menyaring hingga mencapai tujuh kandidat yang akan dilantik menjadi anggota KIP.

“Akan dipilih tujuh anggota, yang terdiri dari satu orang ketua sekaligus anggota, satu orang wakil ketua sekaligus anggota, dan lima orang anggota,” imbuhnya.

Diketahui, Komisi I DPR telah menerima 21 calon Anggota Komisi Informasi Pusat (KIP) periode 2017-2021 dari Panitia Seleksi KIP. Daftar 21 calon anggota itu merupakan hasil seleksi dari ratusan calon yang telah melewati beberapa tahapan di Pansel KIP.